Tips dan trik meningkatkan performa laptop

spek laptop kalian sudah cukup tinggi tapi masih nge-lag saat memainkan game atau menjalankan program berat? atau laptop kalian memang sudah jadul? kali ini saya akan membagikan beberapa tips dan trik agar laptop kalian tidak lagi yang namanya nge-lag, lelet, lemot dan sebagainya. berikut beberapa tips dan trik dari saya yang sudah saya coba sendiri :

  • Mematikan Visual Effect
menurut saya, cara ini adalah cara yang mudah dan cukup ampuh untuk meningkatkan sedikit performa laptop kalian. untuk mematikannya, buka Control Panel lalu pilih System and Security, 
setelah itu pilih System,
di bagian kanan klik Advanced System Settings,
setelah itu pada bagian Performance pilih Settings... ,
di bagian ini kalian bisa pilih Adjust for best performance lalu klik OK.
saran saya disini, biarkan kotak Show thumbnails instead of icons di centang, karena akan ada perbedaan yang lumayan besar jika kalian membiarkan itu dicentang, karena file-file seperti gambar hanya akan ditampilkan ikon filenya saja, untuk lebih jelas, perhatikan gambar berikut :

pasti akan sulit membedakan gambar dan jelas lebih ribet, karena jika kita ingin tahu isi gambar tersebut kita harus membukanya terlebih dahulu. hal itu berlaku juga untuk video, Cover lagu, thumbnail dokumen dan lain-lain.

  • Uninstall/menghapus program yang sudah tidak dipakai

kadang hal kecil seperti ini sering kita lupakan, contohnya : setelah game yang kita mainkan sudah tamat dan kita sudah tidak mau memainkannya lagi namun masih tetap disimpan atau ada beberapa program bawaan laptop yang tidak terpakai namun kita terlalu malas menghapusnya. hal ini secara tidak langsung dapat memberatkan laptop kalian. untuk uninstall/menghapus program, buka Control Panel,
pada bagian bawah menu Program pilh Uninstall a program.
disana kalian bisa melihat dan menghapus program yang menurut kalian sudah tidak terpakai lagi. atau kalian bisa mendownload beberapa software untuk uninstall program.

  • Menghapus file yang sudah tidak diperlukan

kurang lebih sama seperti di atas. biasanya file-file ini berada di dalam Recycle Bin atau pun mentahan game-game yang kalian download. kalian bisa menghapusnya dengan cara hapus secara permanen dengan mengetik tombol Shift + Del pada file yang ingin dihapus, sehingga tidak akan masuk ke dalam Recycle Bin lagi. atau kalian bisa membuka recycle bin dan mengosongkannya dengan cara,
buka Recycle bin lalu pilih Empty Recycle bin.

  • Menonaktifkan program Stratup

program startup adalah program yang berjalan ketika laptop atau komputer sedang di aktifkan. program tersebut akan memberatkan laptop ketika sedang di aktifkan, untuk mematikannya buka Task Manager dengan cara klik kanan pada Taskbar lalu pilih Task Manager,
klik more details (jika ada), lalu pilih menu Startup, setelah itu nonaktifkan seluruh program startup dengan cara klik kanan pada program lalu pilih disable.

  • men-Defrag disk

men-Defrag Disk bertujuan untuk menyusun file-file yang telah diperbaharui atau yang telah di install, jadi bisa disimpulkan bahwa Defragment Disk berguna untuk merapikan file-file yang ada di dalam disk. caranya cukup mudah. pertama buka explorer kalian, pilih disk yang ingin di Defrag, lalu pilih menu Manage,
Setelah itu pilih Optimize. di jendela Optimize,
tinggal pilih disk mana yang ingin di Defrag lalu pilih Optimize, tinggal tunggu sampai prosesnya selesai.

  • Gunakan Cooling Pad untuk Laptop

suhu laptop yang panas selain dapat membuat lelet juga bisa merusak laptop, jadi saya sarankan untuk membeli Cooling Pad dan letakan laptop di tempat yang sejuk. ada beberapa jenis Cooling Pad yang saya kenal, ada yang berfungsi untuk mengeluarkan udara panas ada juga yang berfungsi untuk meniupkan udara dingin.

  • Membersihkan kipas dalam laptop

selain Cooling Pad, kipas bawaan laptop juga perlu dibersihkan dari debu agar pengeluaran udara panas semakin optimal. kalian bisa membersihkannya dari luar atau bila perlu kalian bisa membongkar bagian dalam laptop untuk membersihkannya.

  • Update Driver Graphic Card

jika kalian sudah melakukan hal-hal di atas, namun saat memainkan game masih saja terasa ngelag, mungkin itu dikarenakan Driver grafis kalian yang sudah jadul. kalian dapat mendownload driver terbarunya di website resminya, tapi sesuaikan dengan Graphic Card kalian, seperti AMD, Nvidia, Intel dan Sebagainya.

  • Menambah RAM

memang diperlukan sedikit modal, namun menambah RAM bisa meningkatkan performa laptop/komputer menjadi sedikit lebih meningkat. jika kalian ingin membeli RAM, sesuaikan dengan slot RAM dan motherboard.

  • Upgrade Laptop

jika semua hal di atas sudah dilakukan, namun laptop kalian masih terasa lambat. mungkin itu sudah saatnya anda membeli laptop yang baru, Sesuaikan dengan keperluan kalian, entah kalian ingin membelinya hanya untuk tugas, gaming atau keperluan lainnya.

sekian tips dan trik dari saya untuk meningkatkan performa laptop dan komputer. ada baiknya juga untuk tidak menjalankan program berat secara bersamaan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »