Cara membuka file di Command Prompt


Jika kalian mengalami kesulitan saat membuka file di explorer, kalian bisa mengganti penggunaan explorer dengan CMD atau Command Prompt. mengganti explorer dengan CMD dapat mengurangi beban komputer atau laptop, khususnya laptop atau komputer yang sudah jadul. ada beberapa langkah untuk membuka Command Prompt yaitu :

Tekan Windows + R, lalu ketik “cmd”


Cara kedua

Tekan Tombol Windows, lalu ketik pada kolom pencarian “cmd” atau “Command Prompt”

Membuka Folder

Setelah Jendela CMD muncul, kalian bisa perhatikan bedanya explorer dengan cmd. biasanya cmd dimulai dengan address C:\Users\”Nama User”. untuk melihat file dan folder di dalam address yang ada, ketik "dir", maka akan muncul daftar file dan foldernya.
lihat, tidak ada bedanya dengan explorer, Cuma berbeda dengan interface explorer yang lebih bagus.
Jendela Explorer
Jendela Command Prompt

untuk masuk ke dalam Folder, ketik “cd Nama Folder”. misalnya, ke folder documents, maka ketik cd documents, kalian bisa mengetik dir untuk melihat isi folder tersebut. jika ada tulisan <DIR> berarti itu adalah Folder yang bisa dimasuki. Jika nama folder yang ingin kalian masuki terlalu panjang atau rumit, kalian bisa klik kanan lalu pilih mark, blok nama folder yang ingin kalian masuki lalu klik kanan, ketik cd lalu klik kanan lalu pilih paste.

Untuk keluar folder kalian bisa ketik “cd..”

Jika kalian ingin membuka file atau folder di Drive atau Device lain seperti flashdish dan sebagainya, ketik “alfabet drive atau device lalu ketik titik dua (:)”, Contoh : C:, D: atau E:, lalu ketik enter.

Membuka File


Berbeda dengan membuka Folder, membuka file membutuhkan nama extensinya seperti .exe, .docx, .mkv dan lain-lain. Jika nama file yang terlalu panjang dan rumit, lakukan hal yang sama dengan cara yang sudah dijelaskan. jika nama file menggunakan spasi, gunakan tanda kutip (“”) berbeda dengan folder, nama folder yang menggunakan spasi tidak perlu menggunakan tanda kutip.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »